Selasa, 05 April 2016

Maintenance and Repair



Apa itu pemeliharaan (maintenance)

mesin merupakan hal yang sering dipermasalahkan antara bagian pemeliharaan dan bagian produksi. karena bagian pemeliharaan dianggap yang memboroskan biaya, sedang bagian produksi merasa yang merusakkan tetapi juga yang membuat uang (Soemarno, 2008). Pada umumnya sebuah produk yang dihasilkan oleh manusia, tidak ada yang tidak mungkin rusak, tetapi usia penggunaannya dapat diperpanjang dengan melakukan perbaikan yang dikenal dengan pemeliharaan. 
(Corder, Antony, K. Hadi, 1992). Oleh karena itu, sangat dibutuhkan kegiatan pemeliharaan yang meliputi kegiatan pemeliharaan dan perawatan mesin yang digunakan dalam proses produksi.
Apa itu pemeliharaan. Kata pemeliharaan diambil dari bahasa yunani  terein artinya merawat, menjaga dan memelihara. Pemeliharaan adalah suatu kobinasi dari berbagai tindakan yang dilakukan untuk menjaga suatu barang dalam, atau memperbaikinya sampai suatu kondisi yang bisa diterima. Untuk Pengertian Pemeliharaan lebih jelas adalah tindakan merawat mesin atau peralatan pabrik dengan memperbaharui umur masa  pakai dan kegagalan/kerusakan mesin. (Setiawan F.D, 2008 ).
•Maintenance & Repair terbagi 2 Jenis


–Melalui Hardware

–Melalui Software



 PERINGATAN

         Beberapa hal yang harus di HINDARI cara merawat komputer secara hardware agar berhati-hati membersihkan lapisan isolator pada PCB terkelupas sehingga menyebabkan korosi pada jalur tembaga. Kalau ini terjadi, maka perawatan komputer akan lebih sulit karena harus mengganti peripheral tersebut. Apabila terjadi korosi pada soket, gunakan contact cleaner/degreaser cleaner untuk membersihkannya. jangan gunakan kuas untuk membersihkan soket-soket dikhawatirkan ada debu yang masuk.


Ada 6 cara untuk Maintenance & Repair untuk Hardware 
 Proses ini menggunakan alat alat seperti obeng, kuas, lap kain, cairan pembersih.
    1. debu atau kotoran kecil yang menempel
    2. Sistem Pendingin (kipas dan aluminium pendingin)
    3. Pengecekan pada Pemasangan peripheral
    4. Menstabilkan tegangan listrik
    5. Ventilasi udara yang cukup
    6. Jauhkan benda yang mengandung medan magnet
Ada 7 cara untuk Maintenance & Repair untuk Software   
    Proses ini menggunakan Aplikasi aplikasi yang fungsinya sebagai pembersih system
  1. Gunakan Operating System yang sesuai    
  2. gunakan program aplikasi sesuai kebutuhan
  3. Anti Virus yang Update
  4. Deffrag harddisk secara berkala
  5. Tutup program yang tidak berguna
  6. Bersihkan recycle bin secara teratur
  7. Uninstall program tidak perlu 

0 comments:

Posting Komentar